My Adorable Fishy and The Sweet Smile

27 Dec

Annyeong Haseo.. kali ini saya mau nulis tentang Biodata dan fakta2 si ikan tampan dari Mokpo, yep.. He is Lee Donghae oppa 😀

isi dari tulisan ini saya dapat dari beberapa blog lain yang juga membahas tentang Donghae oppa. semoga suka dan membuat kalian bisa lebih mengenal dengan namja saya ini #kkkkk~

donghae-134

Nama Asli : Lee Dong-hae (Hangul: 이동해), (Chinese: 李东海)

Nama Panggung :Dong-hae (동해)

Nama Barat: Aiden Lee

Nickname: Pinocchio (피노키오); Fishy
Tempat, Tanggal Lahir : Mokpo, 15 Oktober 1986 (udah lewat 3 hari..hehe)
Tinggi : 175 Cm
Berat : 58 Kg

Golongan Darah : A
Casting : 3rd SM Youth Best Selection Best Outward Appearance 1st place, (2001)

Penampilan pertama: SBS “Shin DongYop’s There is There Isn’t” panel (2005)

Group : SMTown, Super Junior, Super Junior-M
Hobi : Menonton Film, Olahraga

donghae_fishy_by_lilviscious-d4c2gxv

Pertama-tama, Donghae yang biasa dipanggil dengan Nickname fishy ini adalah salah satu personilnya Super Junior (Semua juga pasti tau kalo Donghae salah satu personilnya SuJu). Donghae juga salah satu personilnya SuJu-M..

Super-Junior-M-cho-kyuhyun-11063573-1024-768

Nicknamenya Donghae tuh Pinokio sama Fishy. Nah! Kalo yg Pinokio, yang ngasih itu Heechul oppa. Tapi, kalo yg Fishy itu arti dari namanya Hae sendiri. ”Laut Timur”. *Lho kog ada lautnya??* Haha. Maklum, ikan itu kan asalnya di air alias di laut. :-) dan jadilah dia dipanggil Fishy #kenapa ‘fishy’ bukan fish karena kalo orang korea nyebut fish itu dengan aksen ‘fishy’. Donghae sih gak protes. Malah dia bilang dia itu rajanya ikan.. #raja ikan paling tampan selautan :-P

Personil SuJu kan kalo lagi ada acara pemotretan atau lagi ngapain gitu, pasti gayanya narsis kaya orang2 kebanyakan pas ketemu kamera. Nah! Kalo Donghae ini beda gaya narsisnya itu, beda daripada yg lain. Pasti kebanyakan fotonya itu selalu gaya ’melet’. Hehe

SONY DSC

Donghaeya punya sodara cowok, namanya Lee Donghwa. :-)

Donghae ini kan hobinya nonton film. Nah! Film yg paling dia sering tonton itu ternyata film-film barat. Dan.. dia sering banget niruin kata-kata Englishnya kalo dia abis nonton itu film. Walopun agak sulit ngucapin bahasa inggris alias gak fasih #ckckck

Doi ini ngefans banget sama Song hae gyo alias pemeran Han ji eun di serial K-drama Fullhouse. Donghae juga sayang banget sama anak kecil plus anjing kesayangannya nama anjing itu Bada, Donghae suka banget sama nama Bada sampai2 pengen memberi nama anaknya nanti dengan nama Bada -,-

Selaen hobinya yg suka nonton film plus olahraga, Donghae juga suka banget sama yg namanya instrument alias alat-alat musik. Salah satu alat musik yg dia suka Piano. Donghae juga suka sama alat musik gitar.

donghaeguitar7ib

Donghae pisah dari kedua orang tuanya karena dia ngejalanin masa trainee sebelum jadi personil SuJu selama 5 tahun. dan kabarnya, karena angka 5 yg bikin doi kepisah sama ortunya ini yg bikin dia kadang-kadang gak bisa tidur karena khawatir mikirin mereka. *anak yg baik..* :-)

Dia paling seneng kalo pake aksesoris topi. bahkan saat bangun tidur dan sikat gigi sering pakai topi, #oppa-yaa neomu kyeopta 😀

nknk

Banyak yg belum kenal Donghae atau yg belum tau donghae dan Cuma liat tampangnya bilang dia dingin. Eh, tunggu..tunggu!! itu menurut pandangan pertama aja loh! Sebenernya Donghae ini orangnya asik, plus ramah. Hangat sama orang-orang. Kalo liat Donghae lagi malu-malu kita bisa liat sisi imutnya. *abis, jarang-jarang kan kita liat Donghae malu-malu..hihihi*. pokoknya, Donghae ini nice person deh! *stopp..stopp!!* nanti saya bakal jelasin kenapa saya bisa ambil kesimpulan kalo Donghae ini nice banget.. secara belum dibahas alias kita belum mengenal lebih dekat ttg Donghae.. :-)

Donghae ini sering banget cerita hal-hal yg gak penting ke org lain. Emang sih keliatan gak penting. Tapi, niatnya itu biar orang-orang bahagia alias kembali semangat.. :-)

Kalo Hyung-hyung nya lagi pada moody alias BT, dia ini gak ikutan BT. Malah bikinin hyung-hyungnya ramen alias mie instant.

Tau gak sih?? Ternyata Donghae ini percaya Hantu sama Alien tuh ada..*Omo~! Kalo hantu sih saya percaya pasti ada. Tapi kalo alien??? Ada yg percaya?? Ada kog! Donghae ajah percaya.. haha* :-P

Donghae ini deket sama Kibum, dia juga deket banget sama Eunhyuk. Udah kaya sohib gitu dehh..! kalo mereka berdua ketemu, dan kalo mereka lagi ada di dorm pas acara reality show, adaaaa aja tingkahnya yg aneh! Sampe ada yg bilang mereka berdua ini fanfic couple dan ada satu lagi. Selain fanfic couple, saking aneh ama kocaknya, mereka bikin singkatan nama ’EunHae’.

hhh thmk,

Waktu kecil, pas Donghae umur 6 tahunan dia suka banget joget-joget didepan Ayahnya. Sampe Ayahnya bilang, ”jadilah seorang penyanyi”. Waktu itu sih Donghae masih belum tau ayahnya serius atau ngga bilang gitu. Sampe pas umur 7 tahun mau 8 tahun, ayahnya nyuruh dia ikut audisi gitu. Tapi, dia gak mau. Soalnya, dia waktu itu lagi kepengen jadi atlet (Ke bukti kn kalo hobinya olahraga!). dan.. mungkin lama-lama dia mikir kali yak?? . Dan.. jadilah dia lolos audisida n sekarang dah jadi bintang alias personil nya SuJu.. hehe :-)

Sedikit info, ini patut kalo kita tahu ttg Donghae yg satu ini. Donghae ini termasuk cowok yg kuat. Sedihnya, dia udah ditinggal ayahnya beberapa tahun yang lau tepatnya 8 agustus 2006 waktu dia selesai ngejalanin masa trainee dan udah sukses di SuJu, tadinya kesuksesannya ini mau ditunjukkin ke ayahnya. kabarnya ayahnya Donghae meninggal gara-gara kanker. Tp, sebelum meninggal. Ayahnya katanya sempet ngobrol-ngobrol sama Teukie (leader SuJu yg punya nick ’Angel’).

Waktu Teukie lagi ngobrol sama ayahnya, Donghae gak tau kalo teukie ngobrol sama ayahnya. Sebelum masuk Rumah Sakit, ayahnya Donghae pesen gini ke Teuki, ”Donghae kami..”. Pokoknya ayahnya pengen ada seorang ’Angel’ yg selalu jagain disamping Donghae. ayahnya Donghae minta Teukie buat jagain Donghae. Soalnya, ayahnya mungkin tau. Kalo kakaknya Donghae gak bakal jagain Donghae pas kegiatan SuJu. Jadi, ayahnya minta Teukie yg jagain Donghae. Karena Teukie ini member yg paling tua di SuJu yg sayang banget sama dongsaeng-dongsaengnya.. *uhhh, so sweett bangett..!! ^^ *

Sampe waktu di wawancara gitu, Teukie ngulang pesen ayahnya di depan Donghae, mereka berdua ampe nangis. :’-)

Dan sekarang.. walaupun keluarga nya nelpon, dia berusaha biar gak nangis dan gak buat keluarganya khawatir..^^

thbv  thmn

itu sebagian foto-foto Donghae sewaktu kecil, imut kan?? manis kan?? gag kalah manis sama Donghae yang sekarang 😀

Dipost-an ini sebenernya banyak banget pesen yg bisa saya ambil dari yg diucapin Donghae.. ibaratnya, Donghae ini kaya ngasih pesan yg tersembunyi dari sifat-sifatnya buat kita em… tapi tergantung dari apa yg kita liat but that’s all  which makes me love him ^^

Kaya misalnya, sayang ama ortu kita..^^ banyak orang suka ngeliat orang lain dari sisi negatif. Tapi, Donghae ini gak. Dia bisa akrab ama siapa aja. Semua personil SuJu juga gitu. Mereka akrab ama siapa aja.. jadi, sebenernya (menurut saya) banyak sisi positif mereka yg belum banyak kita liat.

mianhe saya Cuma bisa berbagi infos ama kalian segini aja,  Kalo ada yg mau nambahin post-an saya ttg Donghae. Silakan boleh-boleh saja 😀

-Lyhae

Advertisements

Dibalik Kisah Seorang Ayah

16 Dec

[Dibalik Kisah Seorang Ayah]

th

Biasanya, bagi seorang anak perempuan yang sudah dewasa, yang sedang bekerja diperantauan, yang ikut suaminya merantau di luar kota atau luar negeri, yang sedang bersekolah atau kuliah jauh dari kedua orang tuanya…..

Akan sering merasa kangen sekali dengan Mamanya.
Lalu bagaimana dengan Papa?

Mungkin karena Mama lebih sering menelepon untuk menanyakan keadaanmu setiap hari,
tapi tahukah kamu, jika ternyata Papa-lah yang mengingatkan Mama untuk menelponmu?

Mungkin dulu sewaktu kamu kecil, Mama-lah yang lebih sering mengajakmu bercerita atau berdongeng,
tapi tahukah kamu, bahwa sepulang Papa bekerja dan dengan wajah lelah Papa selalu menanyakan pada Mama tentang kabarmu dan apa yang kau lakukan seharian?

Pada saat dirimu masih seorang anak perempuan kecil……
Papa biasanya mengajari putri kecilnya naik sepeda.
Dan setelah Papa mengganggapmu bisa, Papa akan melepaskan roda bantu di sepedamu…
Kemudian Mama bilang : “Jangan dulu Papa, jangan dilepas dulu roda bantunya” ,
Mama takut putri manisnya terjatuh lalu terluka….
Tapi sadarkah kamu?
Bahwa Papa dengan yakin akan membiarkanmu, menatapmu, dan menjagamu mengayuh sepeda dengan seksama karena dia tahu putri kecilnya PASTI BISA.

Pada saat kamu menangis merengek meminta boneka atau mainan yang baru, Mama menatapmu iba.
Tetapi Papa akan mengatakan dengan tegas : “Boleh, kita beli nanti, tapi tidak sekarang”
Tahukah kamu, Papa melakukan itu karena Papa tidak ingin kamu menjadi anak yang manja dengan semua tuntutan yang selalu dapat dipenuhi?

Saat kamu sakit pilek, Papa yang terlalu khawatir sampai kadang sedikit membentak dengan berkata,
“Sudah di bilang! kamu jangan minum air dingin!”.
Berbeda dengan Mama yang memperhatikan dan menasihatimu dengan lembut.
Ketahuilah, saat itu Papa benar-benar mengkhawatirkan keadaanmu.

Ketika kamu sudah beranjak remaja….
Kamu mulai menuntut pada Papa untuk dapat izin keluar malam, dan Papa bersikap tegas dan mengatakan: “Tidak boleh!”.
Tahukah kamu, bahwa Papa melakukan itu untuk menjagamu?
Karena bagi Papa, kamu adalah sesuatu yang sangat – sangat luar biasa berharga..
Setelah itu kamu marah pada Papa, dan masuk ke kamar sambil membanting pintu…
Dan yang datang mengetok pintu dan membujukmu agar tidak marah adalah Mama….
Tahukah kamu, bahwa saat itu Papa memejamkan matanya dan menahan gejolak dalam batinnya,
Bahwa Papa sangat ingin mengikuti keinginanmu, Tapi lagi-lagi dia HARUS menjagamu?

Ketika saat seorang cowok mulai sering menelponmu, atau bahkan datang ke rumah untuk menemuimu, Papa akan memasang wajah paling cool sedunia…. :’)
Papa sesekali menguping atau mengintip saat kamu sedang ngobrol berdua di ruang tamu..
Sadarkah kamu, kalau hati Papa merasa cemburu?

Saat kamu mulai lebih dipercaya, dan Papa melonggarkan sedikit peraturan untuk keluar rumah untukmu, kamu akan memaksa untuk melanggar jam malamnya.
Maka yang dilakukan Papa adalah duduk di ruang tamu, dan menunggumu pulang dengan hati yang sangat khawatir…

Dan setelah perasaan khawatir itu berlarut – larut…
Ketika melihat putri kecilnya pulang larut malam hati Papa akan mengeras dan Papa memarahimu..
Sadarkah kamu, bahwa ini karena hal yang di sangat ditakuti Papa akan segera datang?
“Bahwa putri kecilnya akan segera pergi meninggalkan Papa”

Setelah lulus SMA, Papa akan sedikit memaksamu untuk menjadi seorang Dokter atau Insinyur.
Ketahuilah, bahwa seluruh paksaan yang dilakukan Papa itu semata – mata hanya karena memikirkan masa depanmu nanti…

Tapi toh Papa tetap tersenyum dan mendukungmu saat pilihanmu tidak sesuai dengan keinginan Papa

Ketika kamu menjadi gadis dewasa….
Dan kamu harus pergi kuliah dikota lain…
Papa harus melepasmu di bandara.
Tahukah kamu bahwa badan Papa terasa kaku untuk memelukmu?
Papa hanya tersenyum sambil memberi nasehat ini – itu, dan menyuruhmu untuk berhati-hati. .
Padahal Papa ingin sekali menangis seperti Mama dan memelukmu erat-erat.
Yang Papa lakukan hanya menghapus sedikit air mata di sudut matanya, dan menepuk pundakmu berkata “Jaga dirimu baik-baik ya sayang”.

Papa melakukan itu semua agar kamu KUAT…kuat untuk pergi dan menjadi dewasa.

Disaat kamu butuh uang untuk membiayai uang semester dan kehidupanmu, orang pertama yang mengerutkan kening adalah Papa.

Papa pasti berusaha keras mencari jalan agar anaknya bisa merasa sama dengan teman-temannya yang lain.

Ketika permintaanmu bukan lagi sekedar meminta boneka baru, dan Papa tahu ia tidak bisa memberikan yang kamu inginkan…

Kata-kata yang keluar dari mulut Papa adalah : “Tidak…. Tidak bisa!”

Padahal dalam batin Papa, Ia sangat ingin mengatakan “Iya sayang, nanti Papa belikan untukmu”.

Tahukah kamu bahwa pada saat itu Papa merasa gagal membuat anaknya tersenyum?

Saatnya kamu diwisuda sebagai seorang sarjana.

Papa adalah orang pertama yang berdiri dan memberi tepuk tangan untukmu.

Papa akan tersenyum dengan bangga dan puas melihat “putri kecilnya yang tidak manja berhasil tumbuh dewasa, dan telah menjadi seseorang”

Sampai saat seorang teman Lelakimu datang ke rumah dan meminta izin pada Papa untuk mengambilmu darinya.
Papa akan sangat berhati-hati memberikan izin..
Karena Papa tahu…..
Bahwa lelaki itulah yang akan menggantikan posisinya nanti.

Dan akhirnya….

Saat Papa melihatmu duduk di Panggung Pelaminan bersama seseorang Lelaki yang di anggapnya pantas menggantikannya, Papa pun tersenyum bahagia….

Apakah kamu mengetahui, di hari yang bahagia itu Papa pergi kebelakang panggung sebentar, dan menangis?

Papa menangis karena papa sangat berbahagia, kemudian Papa berdoa….

Dalam lirih doanya kepada Tuhan, Papa berkata: “Ya Allah tugasku telah selesai dengan baik….

Putri kecilku yang lucu dan kucintai telah menjadi wanita yang cantik….

Bahagiakanlah ia bersama suaminya…”

Setelah itu Papa hanya bisa menunggu kedatanganmu bersama cucu-cucunya yang sesekali datang untuk menjenguk…
Dengan rambut yang telah dan semakin memutih….
Dan badan serta lengan yang tak lagi kuat untuk menjagamu dari bahaya….
Papa telah menyelesaikan tugasnya….

Papa, Ayah, Bapak, atau Abah kita…

Adalah sosok yang harus selalu terlihat kuat…

Bahkan ketika dia tidak kuat untuk tidak menangis…

Dia harus terlihat tegas bahkan saat dia ingin memanjakanmu. .

Dan dia adalah yang orang pertama yang selalu yakin bahwa “KAMU BISA” dalam segala hal..

-Lyhae

[Dental Nurse] Alat-alat pelengkap

22 Nov

Alat-alat yang dipakai saat melakukan perawatan ataupun pengobatan dalam kesehatan gigi,

 1. NIER BEKKEN/BENGKOK

Ciri-ciri: Suatu alat/tempat dari Steanless stell berbentuk ginjal yang terdiri dari bermacam2 ukuran

Kegunaan:  Tempat alat / kotoran2 pada waktu bekerja

 

2. KORENTANG

Ciri-ciri:

Ciri-ciri: Seperti Needle Holder tetapi lebih panjang

Kegunaan: Untuk mengambil alat2 dari dalam  sterilisasi

 

3. DRESSING DRUM

Ciri-ciri:

– Terbuat dari steanless stell

– Bentuknya seperti Drum

– Ada bagian yang berlubang2 yang bisa dilihat dan ditutup

Kegunaan: Untuk menyimpan alat2/bahan yg terbuat dari kartun yang akan disterilkan.

 

4. DAPPEN DIS / DAPPEN GLASS

Ciri-Ciri:

– Terbuat dari glass/kaca

– Berbentuk seperti mangkuk glass kecil

Kegunaan:Untuk meletakkan obat2 yg dipakai waktu bekerja diklinik gigi

 

5. WATER SYRINGE / WATER SPUIT

 

Ciri-Ciri:

Terdiri dari 4 bagian; 1. Penghisap; 2. Badan; 3. Belakang; 4. Per

Kegunaan: Membersihkan kavita waktu melakukan pemeriksaan gigi

 

6. TEMPAT KAPAS DENGAN PEGAS

Ciri-ciri: Terbuat dari steanless stell atau porselen pada bagian dalam dari alat ini ada per gunanya untuk mendorong kapas keluar sehingga kita tidak perlu mengorek kapas yang diperlukan.

Kegunaan:Untuk meletakkan kapas

 

7. TONGUE HOLDER

Ciri-ciri:

Terbuat dari steanless stell, terdiri dari:

a. Tangkai Tongue holder

b. daun penahan dagu

c. daun penahan lidah

-bagian tengah

-bagian kiri

-bagian kanan

Kegunaan: Untuk menahan lidah pada waktu penambalan gigi RB dan pada waktu melakukan topical aplikasi.

 

8. LAMPU SPIRTUS

Ciri-ciri: Lampu dengan sumbu dan memakai bahan bakar spirtus

Kegunaan:

– Melunakkan malam

– Flaming

 

9. FINGER PROTECTOR

Ciri-ciri: Alat terbuat dari steanless stell dan berbentuk jari tangan

Kegunaan:

– Untuk melindungi jari tangan dari gigitan penderita pada waktu perawatan giginya.

 

10. HAND SCHOEN / RUBBER GLOVES

Ciri-ciri: Sarung tangan yang terbuat dari karet

Kegunaan: Untuk melindungi tangan / jari dari kontaminasi langsung dengan mucosa

 

11. CHIP BLOWER

Ciri-ciri: Bagian bawah terbuat dari karet dan bagian atas terbuat dari steanless stell

Kegunaan:

– Untuk mengeringkan cavita setelah itu disterilkan dengan alcohol 70%

– Untuk membersihkan cavita dari sisa2 pengeboran waktu kita membuat preparasi

– Untuk mengeringkan pada waktu topical aplikasi gigi

 

-Lyhae

Dialog Malaikat Dengan Manusia Yang Mengajarkan Kita Bersyukur

17 Nov

Aku mendapatkan tulisan ini dari guruku sewaktu SMA yang sudah ku anggap seperti orang tua ku sendiri, seseorang yang mengajarkanku bagaimana cara dan makna dari bersyukur. Ayah terima kasih sudah mengajariku segala hal tentang bersukur dan ke keikhlasan dalam menjalani hidup.

Semoga setelah membaca tulisan ini kalian semua bisa lebih bersyukur dengan kehidupan yang telah diberikan Tuhan pada diri kalian ^^

“Dialog Malaikat dengan Manusia yang Mengajarkan Kita Bersyukur”

Aku bermimpi suatu hari aku pergi ke surga dan seorang malaikat menemaniku dan menunjukkan keadaan di surga. Kami berjalan memasuki suatu ruang kerja penuh dengan para malaikat. Malaikat yang mengantarku berhenti di depan ruang kerja pertama dan berkata,

“Ini adalah Seksi Penerimaan. Di sini, semua permintaan yang ditujukan pada Tuhan diterima”.

Aku melihat-lihat sekeliling tempat ini dan aku dapati tempat ini begitu sibuk dengan begitu banyak malaikat yang memilah-milah seluruh permohonan yang tertulis pada kertas dari manusia di seluruh dunia.

Kemudian aku dan malaikat-ku berjalan lagi melalui koridor yang panjang lalu sampailah kami pada ruang kerja kedua. Malaikat-ku berkata, “Ini adalah Seksi Pengepakan dan Pengiriman. Di sini kemuliaan dan berkat yang diminta manusia diproses dan dikirim ke manusia-manusia yang masih hidup yang memintanya”.

Aku perhatikan lagi betapa sibuknya ruang kerja itu. Ada banyak malaikat yang bekerja begitu keras karena ada begitu banyaknya permohonan yang dimintakan dan sedang dipaketkan untuk dikirim ke bumi.

Kami melanjutkan perjalanan lagi hingga sampai pada ujung terjauh koridor panjang tersebut dan berhenti pada sebuah pintu ruang kerja yang sangat kecil. Yang sangat mengejutkan aku, hanya ada satu malaikat yang duduk di sana, hampir tidak melakukan apapun.

“Ini adalah Seksi Pernyataan Terima Kasih”, kata Malaikat-ku pelan. Dia tampak malu.

“Bagaimana ini? Mengapa hampir tidak ada pekerjaan disini?”, tanyaku.

“Menyedihkan”, Malaikat-ku menghela napas. “Setelah manusia menerima berkat yang mereka minta, sangat sedikit manusia yang mengirimkan pernyataan terima kasih”.

“Bagaimana manusia menyatakan terima kasih atas berkat Tuhan?”, tanyaku.

“Sederhana sekali, cukup berkata, ‘Terima kasih, Tuhan’.”

“Lalu, berkat apa saja yang perlu kita syukuri”, tanyaku.

Malaikat-ku menjawab, “Jika engkau mempunyai makanan di lemari es, pakaian yang menutup tubuhmu, atap di atas kepalamu dan tempat untuk tidur, maka engkau lebih kaya dari 75% penduduk dunia ini.”

“Jika engkau memiliki uang di bank, di dompetmu, dan uang-uang receh, maka engkau berada diantara 8% kesejahteraan dunia.”

“Dan jika engkau mendapatkan pesan ini di komputer mu, engkau adalah bagian dari 1% di dunia yang memiliki kesempatan itu.”

Juga, “Jika engkau bangun pagi ini dengan lebih banyak kesehatan daripada kesakitan, engkau lebih diberkati daripada begitu banyak orang di dunia ini yang tidak dapat bertahan hidup hingga hari ini.”

“Jika engkau tidak pernah mengalami ketakutan dalam perang, kesepian dalam penjara, kesengsaraan penyiksaan, atau kelaparan yang amat sangat, maka engkau lebih beruntung dari 700 juta orang di dunia”.

“Jika orangtuamu masih hidup dan masih berada dalam ikatan pernikahan, maka engkau termasuk orang yang sangat jarang.”

“Jika engkau masih bisa mencintai, maka engkau termasuk orang yang besar, karena cinta adalah berkat Tuhan yang tidak didapat dari manapun.”

“Jika engkau dapat menegakkan kepala dan tersenyum, maka engkau bukanlah seperti orang kebanyakan, engkau unik dibandingkan semua mereka yang berada dalam keraguan dan keputusasaan.”

“Jika engkau dapat membaca pesan ini, maka engkau menerima berkat ganda, yaitu bahwa seseorang yang mengirimkan ini padamu berpikir bahwa engkau orang yang sangat istimewa baginya, dan bahwa engkau lebih diberkati dari pada lebih dari 2 juta orang di dunia yang bahkan tidak dapat membaca sama sekali”.

Nikmatilah hari-harimu, hitunglah berkat yang telah Tuhan anugerahkan kepadamu. Dan jika engkau berkenan, kirimkan pesan ini ke semua teman-temanmu untuk mengingatkan mereka betapa diberkatinya kita semua.

“Dan ingatlah tatkala Tuhanmu menyatakan bahwa, ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Aku akan menambahkan lebih banyak nikmat kepadamu”.

“Terima kasih, Tuhan! Terima kasih, Tuhan, atas anugrah-Mu berupa kemampuan untuk menerjemahkan dan membagi pesan ini dan memberikan aku begitu banyak teman-teman yang istimewa untuk saling berbagi.”

Bagaimana? Istimewa bukan? Jadi, sudahkah kita bersyukur kepada-Nya hari ini? Dengan cara apapun kita beribadah, Tuhan pasti tahu bahwa kita selalu berterima kasih atas semua karunia yang telah Dia berikan.

-Lyhae

Teori Terbentuknya Karang Gigi

4 Nov

I. Teori Phisichochemical

>> Menurut Rushbury

Karang gigi berasal dari endapan air ludah”

>> Menurut Krik

” Lepasnya Co2 dari air ludah mengurangi asam karbonat yang terkandung didalam air ludah, sehingga terjadi endapan larutan

calcium phospat sebagai penyebab dari karang gigi.

II. Teori Enzimatic

>> Menurut Tureskey, dkk

” Karang gigi dapat terjadi karena adanya aktifitas enzim-enzim phospat yang berasal dari sel-sel permukaan mocusa yang sedang

berdegenerasi”

” umumnya endapat enzim phospat dari saliva terbentuk bila ada peradangan”

III. Teori Bakteriologis

>> Menurut Box

” Mikroorganisme mempunyai peran penting atas terjadinya pengendapan garam-garam calcium, sehingga terbentuk karang gigi”

” pertumbuhan mikroorganisme dapat terjadi bila ada radang ”

” produk exsudat tertimbun dalam sulcus  gingiva”

IV. Teori Sistemik dan Diet

>> Menurut King dan Gimson

” adanya radang gusi dan karang gigi secara sistemik disebabkan kekurangan vit.A

>> Menurut Wallace

” makanan berserat karang gigi sedikit”

” makanan tepung terjadi karang gigi”

” makanan kasar dan keras, menghambat pembentukan karang gigi”

 

-Lyhae